JAGIR.NGAWIKAB.ID – Masjid Assalam Desa Jagir, kecamatan Sine, kabupaten Ngawi menggelar kegiatan Aksi Donor Darah bersama Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi untuk membantu menambah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI.

Jum’at (27/08) acara donor dara dilaksanakan dihalaman Masjid Assalam Desa Jagir. Sebanyak 70 orang pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya. Acara tersebut dimulai setelah melaksanakan Sholat Jum’at sampai dengan selesai sekitar jam 5 sore.  

Berita terkait :

“Donor darah ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap seluruh masyarakat yang saat ini membutuhkan bantuan darah dan Kesehatan untuk saling membantu terhadap sesama dan gotong royong untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat,” ungkap Yoyok Yudianto selaku ketua panitia

Sebelum melakukan donor darah, dilakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum. Pelaksanaan donor darah tidak dapat dilakukan jika memiliki riwayat penyakit khusus, memiliki penyakit paru-paru dan jantung, kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis, menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C dan tidak disarankan oleh dokter karena alasan Kesehatan.

Baca juga :

“Selain sebagai bentuk dorongan kepada masyarakat untuk melakukan aksi kemanusiaan, kegiatan donor darah ini juga memiliki manfaat bagi mereka yang mendonor, seperti menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kolesterol, kanker, membakar kalori, membuat pikiran jadi lebih stabil dan meningkatkan produksi sel darah merah,” Jelas Suwarso kades jagir.

Suwarso juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat melakukan aksi donor darah di wilayahnya masing-masing sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Selain itu, ia juga terus menekankan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan demi melindungi diri, keluarga, dan orang-orang sekitar.

Profil Editor

Share and Enjoy !

Shares