JAGIR.NGAWIKAB.ID – Kabupaten Ngawi kembali mendapatkan prestasi dengan terbebasnya dari penyakit frambusia. Apresiasi kali ini datang dari Kementerian Kesehatan yang diterimakan melalui Bupati Ngawi pada Peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2022.

Sertifikat bebas dari Frambusia diserahkan oleh Sekjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di acara puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2022 yang digelar di Mandalika Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (31/05/22).

Direktur Jenderal P2P, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan bahwa daerah penerima Sertifikat Bebas Frambusia merupakan daerah yang sudah melewati beberapa tahapan untuk mendapatkan sertifikat frambusia.

Tahun 2022 ini, Sertifikat bebas dari Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diserahkan pada 47 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Ngawi.

Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang, dan sendi. Kemenkes pun telah menetapkan Indonesia pada tahun 2024 telah bebas dari Frambusia.

Share and Enjoy !

Shares