Kondisi Umum Desa

  • Letak Wilayah

Desa Jagir merupakan salah satu desa dari 15 (lima belas) desa di Kecamatan Sine, yang terletak di sebelah utara dari wilayah Kecamatan Sine. Adapun  batas-batas  wilayah  Desa Jagir sebagai  berikut :

Sebelah Utara : Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren
Sebelah Timur : Desa Kauman Kecamatan Sine
Sebelah Selatan : Desa Tulakan dan Desa Sumbersari Kecamatan Sine
Sebelah Barat : Desa Tulakan dan Desa Ketanggung Kecamatan Sine
  • Luas Wilayah

Jumlah luas wilayah desa Jagir adalah 23,69 km2, terdiri dari lahan pertanian, pemukiman, perkebunan, fasilitas umum, dan lain-lain dengan rincian sebagai berikut :

Pemukiman :   1,39    km2
Pertanian :   2,28    km2
Perkebunan :  5,53    km2
Hutan Produksi :  14,33 km2
Fasilitas Umum :   0,16    km2
  • Sumber Daya Alam

Pertanian

Produksi pertanian paling menonjol di desa Jagir adalah padi. Meskipun produksi komoditi padi dibandingkan desa lainnya belum menduduki peringkat atas, namun rata-rata hasil panen dapat mencapai 4,5 ton per hektar.

Peternakan

Usaha peternakan di desa Jagir antara lain; ternak unggas, terdiri dari ayam buras, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, ternak sapi, dan ternak kambing.

Perkebunan

Produksi perkebunan dari tanaman palawija lainnya yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah. Sedangkan dari komoditi tanaman buah seperti mangga, rambutan, pepaya, dan pisang.

Lahan Tanah

Secara umum karateristik lahan tanah di desa Jagir adalah tanah hitam, yang sangat cocok sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Tingkat kesuburan tanah dapat diuraikan sebagai berikut; subur: 12,18 km2 kurang subur 10,31 km2 dan tidak subur 1,2 km2.

  • Orbitasi
Jarak ke Ibu Kota Kecamatan : 6 Km
Jarak ke Ibu Kota Kabupaten : 43 Km
Jarak ke Ibu Kota Provinsi : 227 Km
Jarak ke Ibu Kota Negara : 596 Km

Share and Enjoy !

Shares