PROFIL MASYARAKAT DESA JAGIR

Jumlah Penduduk menurut Mata Pencaharian

Mata pencaharian penduduk di Desa Jagir sebagian besar masih berada di sektor pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertanian memegang peranan penting dalam bidang ekonomi masyarakat.

Sumber Daya Alam

Pertanian

Produksi pertanian paling menonjol di desa Jagir adalah padi. Meskipun produksi komoditi padi dibandingkan desa lainnya belum menduduki peringkat atas, namun rata-rata hasil panen dapat mencapai 4,5 ton per hektar.

Peternakan

Usaha peternakan di desa Jagir antara lain; ternak unggas, terdiri dari ayam buras, ayam ras pedaging, ayam ras petelur, ternak sapi, dan ternak kambing.

Perkebunan

Produksi perkebunan dari tanaman palawija lainnya yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah. Sedangkan dari komoditi tanaman buah seperti mangga, rambutan, pepaya, dan pisang.

Lahan Tanah

Secara umum karateristik lahan tanah di desa Jagir adalah tanah hitam, yang sangat cocok sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Tingkat kesuburan tanah dapat diuraikan sebagai berikut; subur: 12,18 km2 kurang subur 10,31 km2 dan tidak subur 1,2 km2.

Orbitasi

Jarak ke Ibu Kota Kecamatan       : 6 Km

Jarak ke Ibu Kota Kabupaten       : 43 Km

Jarak ke Ibu Kota Provinsi   : 227 Km

Jarak ke Ibu Kota Negara    : 596 Km

Demografi

Jumlah Penduduk menurut Golongan Umur

Data penduduk berdasarkan data administrasi Pemerintah Desa Jagir adalah 7.920 jiwa, yang terdiri dari 3.941  laki-laki dan 3.979  perempuan, dengan Kepala Keluarga (KK) sebanyak 2.179 KK, dengan jumlah kepadatan penduduk (/Km2) mencapai 481 Jiwa.

Jumlah Penduduk menurut Golongan Umur

Pembagian Wilayah Desa

Luas wilayah Desa Jagir dengan luas wilayah  23,69 Km2 terdiri dari 4 Dusun, yaitu Dusun Jagir, Dusun Duwet, Dusun Bayemtaman dan Dusun Plosorejo. Perangkat Desa menurut jenis jabatannya di Desa Jagir terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Keuangan, Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum, Kepala Urusan Perencanaan, Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Kesejahteraan, Kepala Seksi Pelayanan dan 4 Kepala Dusun. Desa Jagir terdiri dari 5 RW (Rukun Warga) dan 46 RT (Rukun Tetangga).

Share and Enjoy !

Shares