Visi dan Misi

VISI

Visi adalah rumusan ideal mengenai masa depan Desa yang merupakan cita-cita bersama Pemerintah dan Masyarakat Desa mengenai keadaan yang ingin diwujudkan.

Dalam upaya mewujudkan harapan dan aspirasi seluruh pemangku kepentingan serta melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, maka pernyataan Visi Desa Jagir adalah :

 

BERLANDASKAN GOTONG ROYONG MEWUJUDKAN DESA JAGIR YANG BERDAYA SAING, BERBUDAYA DAN SEJAHTERA

 

Adapun kata-kata yang tertuang dalam Visi Desa Jagir tersebut diatas mengandung makna :

  • Gotong Royong

Bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Nilai gotong royong merupakan suatu bentuk semangat yang terwujud di dalam sikap seseorang dalam melakukan suatu kegiatan tanpa mengaharapkan suatu imbalan atau balasan karena hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama dan individu tertentu yang membutuhkan.

  • Berdaya Saing

Kemampuan dalam menciptakan nilai tambah yang bertujuan untuk menambah kekayaan di berbagai sektor, seperti sektor ekonomi atau sektor sosial.

  • Berbudaya

Berbudaya berasal dari kata dasar budaya. Budaya merupakan suatu cara hidup yang terbentuk dari banyak unsur (agama, politik, adat istiadat, bahasa, seni, dll) dan berkembang pada sebuah kelompok orang  atau masyarakat. Berbudaya memiliki arti menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

  • Sejahtera

Sejahtera adalah proses kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai, adil dan makmur. Sejahtera menunjuk pada keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaa sehat dan damai. Dalam ekonomi, sejahtera dihubungkan dengan keuntungan benda.

 

 

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Jagir yang disebut “Sembilan Harapan Desa Jagir”, sebagai berikut:

  • Mewujudkan tata kelola pemerintahan desa demokratis yang berlandaskan pada musyawarah mufakat;
  • Mengedepankan transparansi pada setiap keijakan strategis dengan meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas perangkat desa yang bersih;
  • Membangun SDM generasi muda yang berkualitas dengan menciptakan sistem pendidikan non formal yang dapat diakses oleh semua pihak;
  • Menjaga budaya toleransi sebagai umat beragama serta menciptakan hubungan masyarakat yang harmonis dalam kemajemukan;
  • Meningkatkan stabilitas keamanan desa dan membangun masyarakat sadar hukum serta mampu mengimplementasikan;
  • Menyederhanakan dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat desa yang cepat berbasis komputerisasi dan pemberian akses wifi gratis untuk meng-update informasi publik;
  • Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa;
  • Memaksimalkan fasilitas pelayanan kesehatan, pendidikan serta sarana dan prasarana desa yang memadai;
  • Membangun sarana dan prasarana untuk optimalisasi hasil pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian.

Share and Enjoy !

Shares